Featured post

【Terjemahan】Interview 20th Anniversary karir Solo HYDE | 20 tahun berjalan di jalan tanpa alur ... Menelusuri jejak langkah melalui 6 buah tema. (Natalie)

HYDE sedang merayakan 20 tahun solo karir ditandai dengan rilis single pertamanya 「evergreen」. Sekarang sedang melakukan tur lagi untuk album solo pertamanya 「ROENTGEN」 dari bulan Juni tahun ini, Setelah tur solo berakhir di bulan oktober HYDE akan melakukan konser solo 「20th Orchestra Concert HYDE 黑ミサ 2021」 di Makuhari Messe International Exhibition Center yang berada di Chiba pada bulan Oktober dan di kampung halamannya Wakayama bertempat di Wakayama Big Whale pada bulan November. Untuk pertama kali dalam 2 tahun, HYDE akan memimpin sebuah orkestra pada konser 「黑ミサ/Kuromisa」 dan akan konser seperti dia me-highlight seluruh karirnya.  


Sementara topik soal ulang tahun ke 30 L'Arc-en-Ciel juga sedang berlangsung, HYDE mengumumkan sedang memproduksi album 「ROENTGEN 2」 dan berbagai macam aktivitas setelah 「黑ミサ/Kuromisa」. HYDE memiliki karakter yang kuat sebagai Vokalis, dan masih terus mempelajari lagu-lagu sambil berulang kali menyesuaikan dengan jaman. Di spesial feature kali ini, Akan membicarakan inti dari 20 tahun aktivitas solo yang dibagi menjadi 6 tema 「ROENTGEN」「歌/bernyanyi」「故郷と海外/Kampung halaman dan luar negeri」「理解者/understanding」「憧れとフォロワー/Rasa kagum dan Follower」 dan 「黑ミサ/Kuromisa」.

Pewawancara/Teks : Nakano Akiko 
Fotografer : Mori Yoshihiro

TEMA 1「ROENTGEN」

── Berdasarkan fakta bahwa ulang tahun ke 20 solo karir ini sedang berlangsung, kali ini saya ingin membahas tentang aktivias solo HYDE dengan topik "hal-hal yang menjadi inti dan bahasan". Pertama-tama, Saya ingin menanyakan tentang  album 「ROENTGEN」 yang dirilis pada tahun 2002, dimana bisa dikatakan itu adalah awal permulaan dari aktivitas solo karir ini. dan sekarang anda sedang dalam tur kedua album itu, bagaimana perasaanya?

   Bahkan setelah hampir 20 tahun, lagu-lagu itu tetap susah untuk dinyanyikan. Namun, Aku melakukan konser sambil mempelajari lagunya agar jelas, jadi aku merasa kualitasnya akan lebih baik dibanding 20 tahun lalu. mungkin jika waktu itu aku membuat konser ini, aku tidak akan bisa melakukannya dengan kualitas seperti sekarang ini.


──Hal apa yang membuat anda merasa terpuaskan sebagai diri sendiri?

    Pertama adalah lagunya. tapi kurasa semua adalah tentang bagaimana mennyusun sebuah konser. Aku sudah melakukan banyak hal selama 20 tahun terakhir, dan menjadi paham bagaimana penampilanku akan terlihat dan bagaimana cara mengekspresikannya. Kali ini, aku memikirkan tentang hal detail yang aku tidak terpikirkan sebelumnya karena belum bisa memenuhinya. Sebagai contoh, untuk tur kali ini, aku memasang layar besar di bagian belakang panggung sehingga orang-orang yang jauh dari panggung bisa menikmati konsernya. Biasanya, di Hall atau arena Venue, Layar untuk penonton dipasang di sisi kanan kiri panggung. Namun hal ini membuat mata penonton tertuju ke layar dan mungkin tidak fokus menikmasti musiknya. jadi dengan memasang layar di bagian belakang para penampil, penonton dapat lebih fokus berkonsentrasi dengan musiknya.


──Setelah melakukan solo karir dan membuat VAMPS, itu menambah kemampuan anda untuk membuat gaya panggung anda sendiri?

    Betul.


── Aku ingin bertanya lagi tentang album「ROENTGEN」. Pemikirian dan tujuan seperti apa yang anda punya saat produksi album pada waktu itu?

    Sebenarnya, aku mendengarkan musik tidak hanya Hard Rock tapi juga bermacam musik selain rock seperti musik-musik ambient dan Jazz. Aku memainkan musik Rock ketika di L'Arc-en-Ciel, Jadi aku ingin membuat sebuah album yang bisa dibilang soundnya tidak terlalu intense. Ketika dengan L'Arc-en-Ciel, jika hanya satu lagu bisa saja membuat lagu yang soundnya tidak terlalu intense, tapi tidak mungkin jika satu album seperti itu. Ini bukan band yang konsep albumnya bisa satu genre musik karena pendapat semua anggota sangat dibutuhkan. Tapi aku ingin punya album yang dari awal sampai selesai bisa didengarkan dengan rileks dirumah, aku ingin menyatukan pengaruh dari berbagai macam artis yang aku suka waktu itu, seperti David Sylvian, Stina Nordenstam, Suzanne Vega dan Sting. 


──Waktu itu, album yang dikerjakan bolak balik dari tokyo ke london ini masih tetap di evalusai sampai 20 tahun kemudian, Anda mengatakan bahwa sangat puas ketika semua selesai, tapi anda mengatakan "Sekarang ini aku tidak bisa membuat album seperti itu lagi". Apa itu artinya inspirasi sudah habis semuanya waktu itu?

    Ketika membuat album 「ROENTGEN」, aku berpikir sebagai artis solo aku melakukan 1 sampai 10 sendirian. Aku mengarasnsemen laguku sendiri, mensetting sendiri, membuat semuanya sendiri dari bassline sampai riff gitarnya.. diluar hal musik juga, dari desain cover album, dari hal apapun menjadi hal lain, ku buat sesuai seleraku. Aku tidak mendengarkan saran dari siapapun, dan aku benar-benar lelah ketika aku bekerja dengan keras untuk membuat karya berhargaku sendiri hahahaha. Setelah album itu dirilis, Konsep untuk 「ROENTGEN 2」 tidak langsung muncul di kepalaku. Kemudian, aku terlalu sibuk sekali sejak menargetkan akan berkarir di amerika. dan hanya sekarang secara fisik mungkin untuk berkarir di amerika. Ekstrimnya, 「ROENTGEN」 pun tidak akan terbuat meskipun aku sedang santai, dan aku sedang tidak terburu-buru.


──Sekarang, Apakah akhirnya 「ROENTGEN 2」akan mulai dikerjakan?

   Awalnya aku akan beraktivitas di amerika tahun depan, dan berencana menyelesaikan ini tahun depannya lagi. aku merasa akan membuatnya perlahan setelah istirahat. tapi aku tidak bisa kemana-mana karena pandemi korona ini. Selain itu, alasan utamanya adalah aku berpikir akan lebih efisien jika aku merencanakan hal yang akan aku lakukan selama 2 tahun. Meskipun berubah aku tetap merasa lega. 


──Di peringatan 20 tahun solo karir ini, pemikiran anda cocok dengan trend saat ini. Tentang perbedaan album 「ROENTGEN」 dan 「ROENTGEN 2」, Di wawancara terakhir, anda menyebutkan bahwa Melody adalah hal penting (Lihat: HYDEにとって「ANTI WIRE」とは何を意味するものだったのか?アコースティックツアーで見出した新たな活路). Aku terkesan dengan beberapa lagu yang sudah di bawakan konser dan punya sound yang dinamis, tapi bagaimana dengan keseluruhan albumnya?

    Lagu-lagu yang dibawakan di tour sekarang mungkin sedikit mencolok karena ada live orkestranya. Secara keseluruhan album akan sedikit lebih kalem mendekati album 「ROENTGEN」. Sebagai penyanyi, itu menambah skillku, dan mungkin akan menjadi karya yang jangkauan ekspresinya lebih lebar, aku rasa kualitasnya akan bagus karena banyak melibatkan penulis. 


──Aku bertanya di wawancara kemarin... Apakah proses rekamanya berjalan lancar?

   Ngga, Ngga sama sekali Hahaha. Aku baru saja merekam lagu yang kurasa akan menjadi single selanjutnya.




TEMA 2歌 / Bernyanyi

──Seperti yang anda katakan, bagian paling responsif dari tour ini adalah menyanyi. Apakah anda ingat alasan kenapa anda mulai fokus dengan bernyanyi?

    Kurasa Ketika mulai solo karir. Sekitar tahun 2005 aku mulai tertantang untuk membawakan musik Hardrock, dibutuhkan vokal distorsi/scream dan skill yang aku belum pernah melakukannya. Sekarang aku bisa menggunakan skill yang aku asah ketika solo karir ketika sedang bersama L'Arc-en-Ciel, aku bisa bernyanyi lebih nyaman bahkan di L'Arc. Bagian dimana aku tidak bisa berkembang ketika melakukan hanya satu hal akan berkembang dengan melakuka hal lain. Sebagai contoh, di olahraga snowboarding, kamu bisa menemukan jalan mudah ketika berlatih bermacam trick daripada hanya berlatih satu trick yang diulang-ulang. Dengan mengerjakan banyak hal, itu akan memudahkanmu mengerti hal apa yang harus kamu lakukan. Kamu tidak akan bisa berkembang hanya dengan melakukan satu hal. Aku merasa aku bisa berkembang ketika bernyanyi di L'Arc, tapi sebagai penyanyi mungkin aku tidak akan bisa sampai di titik sekarang jika tidak ber-solo karir. 


──Cara bernyanyi anda berubah dan menjadi lebih menarik karena fokus lain bernama solo karir daripada ketika hanya fokus dengan L'Arc-en-Ciel ya.

    Benar. Ketika aku bernyanyi hanya bersama L'Arc-en-Ciel, Suara vokal scream itu bukan hal yang sangat penting, dan bahkan ketika aku menggunakannya itu hanya untuk bermain-main saja. Rasanya itu cukup untuk rekaman saja. Tapi, Ketika bernyanyi keras, dibutuhkan "scream" yang stabil. dalam hal ini banyak teknologi dibutuhkan. tapi sekali kamu dapat tekniknya, kamu akan bisa bernyanyi bagus di lagu yang biasa. Genre dan Gaya bernyanyi memang hal yang berbeda tapi mereka berhubungan. Dan juga, ketika aku sedang di luar negeri, Aku bermain berhadapan dengan band yang sangat bagus bernyanyi, jadi itu bernar-benar menginspirasi. itu bukan penghinaan tapi kamu bisa melihat bahwa dirimu seperti kehilangan kemampuan untuk bernyanyi. Itu juga mengarah pada mengembangan skill. jika hal itu ngga terjadi kurasa aku akan mengejar hal bagus lain dari lagu itu. 


──Apa evaluasi terbaru dari vokal anda?

    Dibandingkan dengan yang dulu levelnya benar-benar meningkat, tapi ini masih menjadi perjalanan yang sangat panjang karena di waktu yang sama aku masih bisa melihat bagian yang masih kurang. Ketika sedang konser, aku menemukan bahwa aku tidak bisa menggunakan suara yang berbeda secara mulus, dan aku menyadari masih belum bisa benyanyi secara bagus. Ini masih dalam masa trial and error dalam beberapa dekade ini.


──Kurasa anda sangat bagus sebagai pendengar. Contohnya, di lagu paling baru 「NOSTALGIC」, Pendengar bisa merasakan nostalgia yang terkandung di lagunya hanya dengan suara nyanyiannya. Diwaktu yang sama, aku merasa itu punya kekuatan ekspresi untuk membayangkan adegan yang di tuliskan di liriknya. Juga membuatku merasa seperti, "ini apalagi..."

    Tentu saja, aku rasa lebih baik dari orang biasa hahaha. Aku juga menyadari itu, ekspresi dari lagu adalah senjataku.



──Ada beberapa hal yang anda belum bisa capai saat ini.

    Betul, btw aku merasa iri dengan orang-orang bisa bernyanyi dengan gembira. Aku tidak bisa menyanyi meski aku merasa itu menyenangkan. Itu sulit, ada beberapa hal yang aku merasa ini sangat sulit. Beberapa momen dimana aku masih kurang mampu dan tubuhku belum bisa mengejar lagu yang aku inginkan. Itulah sebabnya aku terus melakukan usaha tanpa henti. Bahkan barmain snowboard itu menyenangkan karena aku bermain sesuai dengan keahlianku. tapi jika kamu ingin lebih baik, kamu harus bekerja keras. Jadi ketika aku melias seseorang yang bisa bernyanyi dengan nyaman dan bagus, aku akan berkata "aku suka itu..". Mudah untuk memutuskan "aku sudah sampai di titik  ini" Aku merasa bisa bernyanyi dengan perasaan senang, tapi ternyata tidak. 

TEMA 3故郷と海外 / Kampung halaman dan Luar negeri

──Sejak anda menjadi "Duta Wisata Kota Wakayama" pada tahun 2019, anda terus menyebarkan informasi tentang prefektur wakayama. Apa perasaan tentang kampung halaman ini ada perubahan selama 20 tahun?
    Aku merasa jadi lebih mendalami. Aku sendiri masih mengikuti seniman yang aku kagumi dengan menutupi nama asli dan tanggal lahirku, tapi sekarang itu terungkap dan menjadi informasi publik. Rasanya itu sudah terpublikasi dengan menggelar konser 「黑ミサ/Kuromisa」 waktu ulangtahun pada tahun 2019, Momennya bersamaan ketika hal itu sudah bukan rahasia lagi. Aku tidak bermaksud menyembunyikan asalku dari wakayama, aku hanya tidak ingin mencantumkan informasi ini di profilku. Memang begitu, tapi setelah menjadi duta wisata aku mulai lebih memikirkan tentang wakayama. Kemarin aku memfoto ikan teri dirumah karena itu dari wakayama dan aku mulai bertanya-tanya jeruk-jeruk yang aku jual ini dari mana hahaha dan seketika menjadi Wakayama entusias. Teman-temanku tinggal disana, dan tempat ini menjadi spesial karena ini adalah tempat dimana aku menghabiskan waktu-waktu berharga. 

──Seperti apakah pesona wakayama?

    Yah, Sebenernya aku tidak tahu persis. Ada juga tempat di mana orang yang datang kepadaku dan mengatakan "aku suka tempat ini" dan tahu "Itu benar". Tetapi wakayama memiliki tempat menarik seperti laut, pegunungan, dan pedesaan. Juga, bagiku ini adalah tempat yang besar untuk memiliki teman dan keluarga.



──Kita telah membicarakan tentang musik Amerika di masa remaja dan ingin membuat penonton disana antusias di festival lokal, tetapi apa yang mendorong HYDE sejauh itu?
    Awalnya, ketika L'Arc-en-Ciel melakukan world tour aku pergi pergi ke berbagai negara, aku menyadari bahwa musik itu bisa diterima lintas negara dan aku pikir itu sangat indah. Jadi, alasan terbesarnya adalah aku bertanya-tanya mengapa orang Jepang tidak mau pergi ke luar negeri lagi. Alasannya karena sangat mudah untuk bekerja sendiri di jepang, ketika bisa dapat sedikit senyuman kamu bisa bikin konser yang besar.. tapi aku tidak ada mimpi lagi disitu. mimpiku saat ini sebagai seniman adalah membuat yang mendengar musikku antusias di festival di luar negeri. Jika itu bisa aku capai, strategi untuk berkarir di luar negeri tercapai, tapi saat ini tak bisa terealisasikan. Tanpa mimpi, skillku tidak akan berkembang, aku tidak akan tumbuh dan aku pikit tidak akan menarik sebagi seniman. Seperti Gulat, itu akan boring jika menonton pertandingan yang hanya bertahan kan? jadi kurasa itu bagus untuk mencoba mengatasi itu, mencoba menang, tidak hanya pasrah menerima pukulan.

──Tidak langsung puas dengan pencapaian dan karir yang sudah didapatkan.
    Betul, Tapi aku bisa bertarung karena ada orang-orang yang mendukungku. Hanya karena ada orang yang mendukung, dan aku nyaman dengan itu mereka juga akan pergi. karena ada yang mendukungku itu membuatku ingin menyerang.

TEMA 4理解者/Pengertian

──Orang-orang yang mendukungmu, para penggemarmu, merekakah yang kamu sebut "Orang yg Pengertian" di setiap live konser. 

    Aku bersyukur mereka memikirkanku sejak lama tanpa merasa bosan. menjadi dekat seperti Keluarga atau rekanan. Tentu saja aku tahu hanya beberapa orang yang menyukai HYDE sampai sekarang. Jika kalian ingin aku terus menyanyi di Laruku itu tak apa, tapi Aku ingin tetap melanjutkan project album 「ROENTGEN」. Aku mengerti perasaan itu, karena ada beberapa seniman yang betah seperti itu juga. Tapi, di wakitu yang bersamaan ada orang yang bosan melakukan hal yang sama. Semua hal memiliki kekurangannya sendiri-sendiri, jadi pada akhirnya aku melakukan apa yang aku suka dan yang aku anggap keren.

──Sulit sekali ya ternyata.

    Tapi, pemahamanku saat ini, aku merasa ada beberapa yang percaya dengan "Selera HYDE" sampai di batas tertentu. Jadi aku pikir akan ada beberapa orang yang akan terus mengikutiku bahkan jika arah dan musikalitasku berubah. Aku telah berkarir sejauh ini, jadi aku yakin dengan hal itu. Aku yakin semua akan senang dengan apa yang aku rasa keren, jadi aku bisa percaya diri mengusulkan hal-hal baru. Bahkan jika tidak menyukai musikku, ada juga kebanggaan yang orang-orang akan pikirkan bahwa selera HYDE ini terus terjaga dengan baik.  Tapi aku sendiri juga belum sepenuhnya mengerti, selera HYDE itu seperti apa. Hahaha.

──Itu adalah hasil dari kepercayaan bertahun-tahun, apa hal terbesar yang kamu dapatkan dari orang yang pengertian?

    Kesenangan untuk terus berkarya. Itu juga menjadi pendorong untuk bernyanyi. Tanpa itu, Mungkin bisa jadi Laruku sudah bubar, Aku bisa bertahan karena kekuatan dari penggemar. Bahkan jika aku ada waktu yang berat, namun jika semua senang, rasanya 「ini berat sekali, tapi aku senang melakukannya」. Aktivitas seperti ini tidak akan mungkin terjadi tanpa mereka.


TEMA 5憧れの存在とフォロワー/Rasa kagum dan Follower

──Ngomong-ngomong, Siapakah yang HYDE kagumi sebagai seniman?

    MORRIE. Buatku, Aku sebagai seniman seperti di lahirkan oleh GASTUNK dan di besarkan oleh DEADEND. MORRIE selalu menjadi inspirasi utama buatku. Itu memang ada masanya, ketika kamu kamu berbicara kharisma, ada sedikit perbedaan tingat kharisma dengan era yang dulu. Ada beberapa orang yang meniru MORRIE. Tidak peduli populer atau tidak, Menurutku follower yang menentukan seberapa hebat vokalis itu. Para follower itu ada banyak seperti aku, kiyoharu, Ryuichi (Lunasea). dan para follower ini akan membuat generasi berikutnya lagi. Aku sangat berterimakasih, aku juga punya follower dan ketika aku melihat mereka, aku rasa aku tidak melakukan hal yang salah. Tentu saja, aku tidak bisa menjangkau levelnya MORRIE sama sekali , tapi aku ingin tahu apa ini sudah sedikit mendekatinya. 


──MORRIE mempunyai tampilan VISUAL yang unik, dan beberapa pesona seperti cara berkaryanya. Pengaruh seperti apa yang anda terapkan?

    Cara menyanyinya. Awal dibentuk dulu, ketika menyanyikan lagu-lagu L'Arc-en-Ciel, Aku terpengaruh MORRIE. Teman-teman lain memberiku bermacam jenis lagu, tapi aku tidak bisa cara menghayatinya. Sebelumnya, aku HARDCORE seperti GASTUNK, aku sangat khawatir karena aku harus menyanyikan lagu pop. Tapi, tak peduli jenis lagunya yang MORRIE nyanyikan, entah kenapa rasanya jadi terasa bagus sekali... cara penghayatannya benar-benar mempengaruhiku. 

──Dan sebaliknya, Follower yang anda sebutkan tadi. apa ada yang anda terima dari mereka? dampak seperti apa yang anda dapatkan?

    Tentu saja ada, karena sekarang aku beraktivitas dengan perasaan. Ketika menyadarinya, aku merasa 「Aku sedang berada di dunia yang berbeda」. Contohnya, Ada banyak anak yang datang ke berbagai macam festival, dan ketika aku ngobrol dengan mereka aku menyadari aku belum pernah ke festival itu. Tapi di usia ini, jadi lebih memikirkan strategi untuk festivalnya. Ini adalah kesempatan untuk belajar lagi, band seperti apa yang akan muncul, dan ekspresi seperti apa yang aku harus berikan ketika disana.

──Anda berinteraksi dengan mengupdate aktivitas anda. Jika dilihat dari berbagai media, HYDE ini sangat dicintai oleh para follower ya.

    Aku benar-benar berterima kasih.



THEME 6黑ミサ/Kuromisa

──Anda berencana untuk menggelar konser 「黑ミサ/Kuromisa」 di bulan oktober dan November, sekarang aku punya kesan bahwa Kuromisa menjadi salah satu bagian penting dari Karir HYDE.

    Dulunya, Kuromisa adalah sebuah acara makan malam private yang digelar secara diam-diam di furano. Jadi itu dinamakan 「黑ミサ/Kuromisa」. Itu adalah pertunjukkan yang populer, tapi sejak digelar di Hokkaido pada pertegahan musim dingin, biaya akomodasi dan perjalanannya banyak, jadi kurasa sedikit sulit untuk di hadiri. Pada 2017 Aku coba untuk melakukan konser sekala besar. (Lihat: HYDE Christmas Concert 2017 -黑ミサ TOKYO-). Dengan percobaan sekali, aku punya gambaran baru dan para penggemarku pun menyukainya. Tapi aku sendiri tidak bisa melakukan itu terus menerus. Pada tahun 2019 aku berpikir untuk menggelar itu mungkin seperti setiap 10 tahun sekali. tapi aku memutuskan untuk melakukannya lagi hahaha.

──Saya rasa para penggemar senang.

    Sementara itu, Aku ingin melakukan sesuatu. Karena 「HYDE サザン」 HYDE Sazan/Southern (Kereta listik dari Nankai Electric Railway yang desainnya dibuat oleh HYDE) akan berakhir pada bulan November. Karena di Keretanya ada tulisan 「黑ミサ/Kuromisa」 tapi tidak ada konsernya kan? Aku ingin para penggemarku datang ke wakayama dengan naik itu. Tapi mungkin nanti masa layanannya akan di perpanjang. hahaha. 



──Bisa jadi karena populartiasnya bagus.

    Aku bertanya-tanya apa aku harus melakukannya tahun ini, Tur album 「ROENTGEN」dan「黑ミサ/Kuromisa」 juga, karena aku pikir tahun ini timing nya bersamaan dengan korona. Kurasa setelah ini aku ingin membuat Kuromisa menjadi terbatas seperti di Furano. 


── Apakah 「黑ミサ/Kuromisa」 akan di tutup untuk sementara?

    Mungkin hanya namanya saja yang berubah hahaha. kurasa aku hari melakukan konser penutupan.


──Jadi, Konser ini akan sangat lebih bervalue.

    Setuju, Aku berencana untuk membedakan konten untuk Makuhari dan Wakayama, dan untuk Wakayama akan lebih mirip dengan yang udah-udah. Aku akan dengan orkestra, tapi berencana untuk membawakan lagu hit di karirku tanpa harus terpaku dengan lagu di album 「ROENTGEN」. Konser di Makuhari dekat dengan Halloween. Aku tidak bisa melakukan apapun untuk itu, aku masih memikirkan kontennya. Tidak ada yang melakukan sesuatu hahaha. jadi aku harus memikirkannya sendiri. Ini sedang dalam pandemi korona, jadi ini akan menjadi konser yang memakai kursi dan tidak ada teriak-teriak. Tapi ini Halloween, aku yakin semua orang ingin memakai kostum. Aku pikir penyebaran dapat dicegah dengan mengambil tindakan menyeluruh terhadap pandemi ini. Kamu tidak dapat menahan diri untuk selamanya, dan kamu tidak akan bisa hidup tanpa mengubah perekonimian.


── Ini sudah 3 tahun sejak konser di Halloween padah tahun 2018. 

    Akhirnya, Aku sudah menyelesaikan kostum 「Alice in Worderland」, aku rasa itu sudah oke. Aku tidak punya yang lain lagi yang aku ingin pakai. hahaha.


──Saya rasa ada banyak penggemarmu yang menantikan itu sebagai event tahunan. 

    Yah betul, Aku tahu itu tidak hanya para penggemar tapi juga para penampil menantikannya juga, Tapi Lingkupnya menjadi lebih besar dan besar lagi, dan ada banyak hal yang sulit, jadi aku mengakhiri itu. 


──Eh, Benarkah?

    Bentuknya sudah berbeda dangan yang dulu, Ini sudah lama sejak event halloween itu, terutama lagu-lagunya juga. selain itu, aku berpikir untuk mengundang tamu juga.


── Itu akan susah jika kontennya berbeda antara makuhari dan wakayama.

    Betul sekali! Tur Laruku juga sedang berjalan, aku bertanya-tanya apa bisa melakukanya sendiri. Jadwalnya seperti setan. hahaha.


──Meskipun berkata begitu, HYDE adalah orang yang bisa menangani itu semua. 「黑ミサ/kuromisa」 telah berubah bentuk berbeda dari konsep aslinya, tapi apa inti dari konser ini?

    Ini adalah milestone konser. Kali ini juga bertepatan dengan peringatan 20 tahun solo karirku. Sebuah titik balik memimpin orkestra dan membawakan lagu-laguku yang aku banget. Konsep sekarang ini adalah membuat semuanya mendengarkan lagu secara seksama. 


── Aku mendapat kesan bahwa ini akan ditutup dengan konser 「黑ミサ/Kuromisa」, Tapi kelihatannya masih akan ada rencana-rencana untuk peringatan 20 tahun ini.

    Aku sudah melakukan banyak hal, dan Untukku peringatan ke-20 tahun ini sudah selesai. Hahaha.


── Nggak, Nggak! Ayo rayakan lagi. Ngomong-ngomong, Saya merasa tujuan anda sebagai seniman berubah seiring berjalannya waktu, Saat ini apa yang anda bayangkan?

    Kurasa tentang membuat musik yang dapat menyenangkan diriku sendiri dan khusunya yang akan menjadi senjata utamaku nanti, seperti 「ROENTGEN 2」 yang sedang kubuat saat ini. Seperti yang aku sebutkan tadi, aku masih kesusahan bernyanyi, tapi aku ingin mengembangkan skillku dan mengganti gaya bernyanyi sambil bersenang-senang. Ini lebih sulit dari pada bersenang-senang, Ketika aku sudah mencapai level tertentu, kurasa aku akan bisa melihatku menyanyi sambil bersenang-senang.






Comments

ads