Featured post

【Terjemahan】(Interview) tetsuya berbicara tentang 30 tahun L'Arc~en~Ciel dan Single terbaru (billboard-japan)


L'Arc~en~Ciel、berulang tahun ke-30. Bagaimana perasaan kamu tentang hal ini?

    Mewarnai scene musik tahun 90-2000an dengan berbagai lagu hits, dan kemudian ada beberapa rilisan disela-sela kegiatan solo anggotanya, dan tidak salah lagi, L'Arc~en~Ciel adalah "Band rock yang merepresentasi jepang". Tensi yang ada di komposisi dari empat orang komposer ini sepertinya akan terus meninggi di tahun 2021 ini. 

    Kita aka bertanya kepada tetsuya tentang single terbaru mereka 「FOREVER」 dan juga L'Arc-en-Ciel yangmana sedang merayakan ulang tahun ke-30.
Harapan single 「FOREVER」 yang dirilis di era ketika kata-kata bisa menyakiti orang.
― Single 「FOREVER」 ini digambarkan dengan "Lagu upbeat dengan suasana musim panas". Kapan anda membuat lagu ini?
    Sudah lama, Aransemen lagu FOREVER dulu dan sekarang sudah sangat berbeda. Aku lupa kapan, saking lamanya.

― Bagaimana aransemen asli lagunya dulu?
    Dulu itu adalah lagu yang manis dengan irama yang energik. ketika aku mengetahui akan rilis dengan anime 『EDENS ZERO』 aku menerima permintaan dari pihak Animenya "ingin dibuat terasa lebih upbeat lagi", Temponya tidak diubah hanya pattern iramanya yang diubah untuk memberikan kesan lebih upbeat. Lagu ini sudah selesai sejak awal tahun, hasilya, Lagu ini menjadi sangat easylistening seperti yang biasa kulakukan.

― tetsuya dulu pernah berkata dalam sebuah wawancara "selalu mementingkan melodinya", Apakah anda adalah tipe yang ketika membuat lagu harus dari melodinya dulu?
    Betul, Aku memikirkan melodi lagunya dulu baru menambahkan chordnya. Aku menulis liriknya belakangan jadi kunyanyikan dengan "lalala".



― Kebanyakan lagu L'Arc-en-Ciel liriknya ditulis oleh hyde, tapi kali ini single 「FOREVER」 liriknya ditulis oleh tetsuya. Bagaimana kalian memutuskan dalam band siapa yang akan menulis lirik?
    Aku diminta oleh hyde untuk menulis liriknya. Aku tidak tahu alasanya karena aku tidak tanya, tapi hyde saat ini disamping dengan L'Arc-en-Ciel dia juga beraktivitas dengan kegiatan solonya, setelah selesai membuat 「Mirai/ミライ」 kurasa dia mungkin tidak ada waktu lagi.

― Ah begitu, itu memang sebuah kondisi yang nyata ya haha. Gambaran seperti apa yang anda tuliskan di lirik kali ini?
    Dengan mempertimbangkan permintaan dari pihak animenya, Aku coba untuk menyeimbangkannya dengan membuat liriknya lebih mendalam, sehingga lagunya menjadi tidak terlalu manis. 

― Ngomong-ngomong, Seperti apa isi permintaan dari pihak animenya?
    Ketika aku menulis liriknya, aku bertanya "apakah ada sebuah gambaran atau kata kunci?". Aku menerima beberapa kata kunci seperti hal "Luar angkasa" atau "Karakter utama yang bisa memanipulasi gravitasi". Tentu saja itu tidak merepresentasikan semuanya, jadi aku minta maaf untuk para penggemar anime jika kita menyanyikan kebalikan dari ceritanya, aku sudah bertanya ke pihak anime sebelumnya.

―Berdasakan isi liriknya, di era dimana kata-kata bisa menyakiti seseorang di sosial media dll, Lirik dengan isi "Kata-kata menyembuhkan orang" sangat berkesan. 
    Setuju, Kata-kata bisa menyakiti seseorang, tapi bisa juga menyembuhkan. Itulah kenapa aku membuat lirik selalu berpikir "kata-kata itu penting". Itulah yang paling aku ingin katakan.


―Sebagai komposer dan penulis lirik, Bagaimana anda mengarakan vokalnya?
    Aku menyanyikan vokalnya ketika masih bentuk demo, lalu hyde mendengarkannya, coba untuk merasakan nuansanya, dan direkam, itu berjalan mulus. Aku ingin menyampaikan kata-katanya dengan lancar jadi kunyanyikan demo itu dengan kata-kata yang sangat jelas, jadi kurasa itu adalah lagu dimana liriknya bisa didengar sangat jelas dari biasanya. Sebaliknya, ketika direkam ada perubahan dari versi demonya, Kubilang "kamu tak harus menyanyikannya dengan teknik yang indah". Lagipula aku ingin nuansa suara yang sedikit serak seperti hyde, jadi kuarahkan "teruskan dengan suara yang lebih hyde".

―Karena anda yang menyanyikan versi demonya, apakah ada perasaan bahwa lagu ini sangat hyde?
    Jika aku yang menyanyikannya, aku tidak bisa menyanyikan dengan seksi seperti dia, jadi aku merasa "dia benar-benar keren". "Sesuai dugaan". Secara khusus, aku merasa bagian verse lagunya hanya hyde yang cocok menyanyikan dengan gaya seperti itu. 


Perayaan ulang tahun ke-30 L'Arc-en-Ciel itu adalah "Keajaiban"
― Soal soundnya, bagaimana perubahannya dari versi demo?
    Lagunya semakin bagus ketika anggota yang lain memasukkan soundnya. Kita dapat ide dan memolesnya lagi seperti "Bisakan bagian ini aku ganti?" atau "ah itu sepertinya bagus". Dulu, kita selalu meluangkan waktu untuk ke studio dan menyelesaikan aransemen band dengan jamming, tapi sekarang ini kita membuat demonya sebagai acuan jadi anggota yang lain tinggal mengganti part mereka dengan sound sendiri. Jadi, rasanya "aku ingin membuatnya lebih bagus dari versi demo" dan bisa mencoba berbagai macam sound hingga itu dirasa pas. Aku juga, ketika merekam single 「ミライ/Mirai」 aku berpikir "aku ingin bassnya lebih keren dari versi demo". Single 「FOREVER」 juga menjadi terasa L'Arc-en-Ciel ketika anggotanya yang memainkan bagiannya. 

― Ketika perilisan single 「FOREVER」 ini diumumkan, di berikan pengantar "Sebuah lagu dengan ide dari 「Keabadian masa depan, Berlanjut」 akan menjadi single yang akan dirilis setelah 『ミライ/MIRAI』. Saya merasa para fans akan berekspektasi bahwa "L'Arc-en-Ciel terus berlanjut" tapi menurut tetsuya sendiri, apa itu "berlanjut"?
    Apakah itu seperti perasaan, kata-kata, atau yang orang rasakan? aku lupa siapa yang mengatakan, tapi ada kata-kata kurang lebih seperti "Aku akan terus berjuang dengan satu kata itu" atau "aku akan bertahan". Yah hal-hal seperti itu. Jadi, aku tidak tahu band ini akan terus ada selamanya atau tidak di masa depan, tapi kurasa tidak apa-apa untuk berpikir begitu.



― Sejujurnya, bagaimana perasaan anda tentang ulang tahun ke 30 band ini?
    Yah, bukankah ini "Keajaiban"? Aku merasa banyak musisi atau seniman yang unik, tapi empat orang ini masih berkumpul walaupun anggotanya sempat berubah, dan bisa sampai usia 30 tahun sebagai band, aku rasa ini adalah "keajaiban". dan ketika kita ingin terus lanjut, kita tidak bisa lanjut jika tidak ada yang mendengarkan. Aku benar-benar bersyukur teman-teman ku ini masih bertahan.

― Setiap anggota L'Arc-en-Ciel telah menulis berbagai lagu sejak dahulu, Aku merasa diantara banyak band, ini adalah band dengan anggota yang unik. tetsuya sebagai leader, bagaimana cara agar terus bisa bersama sampai 30 tahun?
    ya ada banyak hal yang teidak berjalan sesuai yang dibayangkan.. ku rasa ini adalah hasil dari jerih payah semua anggota. 

― Seperti apa "jerih payah"nya?
    Band ini punya empat orang member berbeda, Cara berpikir dan fokus mereka pun juga berbeda. ada yang merasa "Terserah seperti apapun oke, ayo cepat lanjutkan", sementara yang lain "kalo hanya ini jangan cepat menyerah" atau "kalo ini ngga bisa, ya jangan dilanjutkan". Namun, semuanya tidak ada yang "aku ga bisa melakukan ini lagi, aku keluar". Jadi itulah, aku rasa itu adalah usaha jerih payah mereka. 

― apa maksudnya kalian ada kesamaan dengan "Melanjutkan band" dan "membuat karya bagus". Bahkan ketika ada yang tidak setuju?
    Ngga, bukan begitu. Misalnya ketika ada di pilihan antara "Lakukan / tidak lakukan" itu akan memunculkan pertanyaan "Nah jadi ini bagaimana?". Jadi, jika hasilnya "tidak lakukan" anggota yang ingin melakukannya tidak punya pilihan selain menahan keinginannya. sebaliknya, jika itu menjadi "lakukan" anggota yang tidak ingin melakukan ikut melakukan. begitulah. 



― oh begitu. Ketika membuat keputusan dalam band, apakah semua anggota berembuk dan langsung memutuskan?
    Semuanya tidak saling berembuk. ketika empat orang ini bersama, tidak ada yang bicarain ini, jadi aku bertanya ke mereka secara sendiri-sendiri. Jika dilakukan di waktu yang tidak tepat maka tidak akan lanjut. Aku yang paling muda dari kita berempat, jadi aku melakukan ini lebih ke tugas daripada sebagai pemimpin. Apalagi ken, karena dia adalah kakak kelasku ketika masih sekolah, aku sangat berhati-hati untuk bertanya padanya. hahaha

― Takdir jadi yang paling bontot ya haha.
    Aku rasa itu bagian yang merugikan, bahakan jika dilihat secara obyektif, tidak ada yang mau melakukan hal seperti itu. 
Cetak biru untuk L'Arc~en~Ciel saat ini
―Apa anda merasakan perbedaan ketika perayaan 10 tahun, 20 tahun, atau 25 tahun dengan yang ke 30 tahun?
    Bagaimana ya. aku ingin tau jika ada. Ini baru pertamakali aku menerima pertanyaan seperti ini, jadi aku tidak terpikir jawabannya. tapi, sepertinya ngga ada bedanya. Aku selalu berpikir "aku ingin sebuah lingkungan dimana aku bisa membuat musik dengan nyaman dan menyenangkan", tapi dulu belum ada lingkungan yang seperti itu, jadi aku terus berkarya dan berharap mendapatkan hal itu. ini benar-benar berjalan sedikit demi sedikit, tapi akhirnya terus menuju ke arah yang tepat. kurasa tinggal sedikit lagi.

― Dalam perjalanan 30 tahun band ini, Apa momen titik baliknya yang anda sendiri ingat?
    Apa ya... Kurasa ada beberapa kali, sepertinya mungkin seperti ketika merilis 「風にきえないで/Kaze ni kienaide」. 

―Apa karena anda membuat sebuah lagu hits?
    Bukan, Aku merasa itu bukan sebuah lagu hits, tapi entah bagaimana sejak dari rilisnya 「風にきえないで/kaze ni kienaide」 rasanya cara membuat lagu itu terasa berubah sedikit. Aku mulai memutuskan sebuah aransemen dengan tegas di era lagu itu. Band yang dulu masih belajar merangkak, dari situ mulai mantap untuk berdiri. Menurutku pribadi itu adalah jejak terbentuknya cetak biru untuk L'Arc-en-Ciel yang sekarang.



― Bersamaan dengan berjalannya band, ada bermacam musikal movement dalam 30 tahun terakhir sejak 1991. tapi apakah ada yang membuat anda terkesan?
    Hmm... Aku hanya benar-benar mendengarkan musik sampai ketika SMA. Setelahnya aku tidak benar-benar mengikuti. jadi aku tidak mengerti yang dimaksud.

― Apakah anda ingat momen ketika sudah tidak terlalu mengikuti lagu-lagu baru lagi?
    Aku ketika umur 22 sampe 23 tahun pernah bekerja di toko musik, waktu itu aku mendengarkan musik sebagai pekerjaan. dan sejak mulai jadi musisi pro, aku mulai membuat musik sebegai pekerjaan, aku sudah tidak banyak mendengarkan musik lagi. 

― Maksudnya anda senang bermain musik tapi tidak terlalu senang mendengarkan musik lagi? 
    Bukan, aku tetap senang mendengarkan musik sampai sekarang, tapi waktu buat mendengarkannya yang tidak ada. mungkin hanya mendengarkan ketika sedang di mobil saja.

― ah begitu, mungkin itu adalah resiko menjadi musisi yang populer. btw, L'Arc-en-Ciel sejak tahun 2019 mulai membuka lagunya di layanan streaming dan pendengar dari generasi dan negara yang lebih luas lagi bisa mendengarkan musik L'Arc-en-Ciel. Bagaimana responnya?
    Ketika melihat yang berlangganan, kita bisa langsung melihat angka pendengarnya. ini sangat menarik sekaligus menakutkan untuk mengetahui lagu mana yang populer dan mana yang tidak hahaha. Ini benar-benar era yang sangat keren. Kurasa jika ingin menaikkan lagi angkanya, bawakan lagunya ketika konser, itu akan menjadikan lebih populer lagi.



― saya pribadi merasa konser perayaan 30 tahun di tahun 2021 dan serangkaian turnya ini menjadi berita baik untuk skena musik dan ranah hiburan paska pandemi. ceritakan pendapat anda tentang event ini?
    Tur yang kita jalani saat ini sebenarnya dijadwalkan mulai pada bulan januari tahun ini. Tur terakhir kita berhenti pada bulan februari tahun 2020, tapi saat itu kita sudah merencanakan untuk melakukan tur perayaan ulang tahun ini dari bulan januari 2021. tidak ada tanda-tanda pandemi ini akan segera hilang, jadi kita geser ke musim gugur, tapi juga tidak ada tanda-tanda akan selesai ahaha. Sejujurnya, aku masih bertanya-tanya apa ini harus diadakan, Kita lakukan berbagai macam protokol kesehatan, jadi ketika pertunjukkan di makuhari pada bulan mei kita menerima pujian dari prefektur chiba. Pasti ada kekawatiran di orang-orang yang datang ke venue. itulah kenapa ketika aku melihat wajah mereka di panggung aku ingin melakukan apapun yang aku bisa untuk mereka yang sudah datang ke venue.

― Dan terakhir, akhirnya sekarang sudah memasuki ke usia 31 tahun. Jadi dari sudut padang tetsuya sekarang apa rencana kedepan dari L'Arc-en-Ciel?
    Aku ingin kita membuat album sesegera mungkin, ini sangat susah karena jadwalnya padat. karena itu aku ingin segera mengosongkan jadwal. hahaha.

Wawancara oleh Kenta Terunuma
Fotografer oleh Tatsuro Kimura
Billboard-japan
Terjemahan Bahasa Indonesia oleh dhityaogawaa.blogspot.com

Comments

ads